Monday, January 24, 2011

Menulis Rekomendasi


Apakah yang harus saya tulis dalam sebuah rekomendasi dan bagaimana?  

Menyampaikan rekomendasi (anjuran tindakan perbaikan suatu hazard agar potensi kerugian dapat diperkecil ataupun dihilangkan) sebaiknya tertulis dalam survey report.  Isi rekomendasi harus ringkas dan memuat keterangan-keterangan yang jelas dan diperlukan mengenai tempat, apa yang menjadi bahaya, mengapa berbahaya dan bagaimana mencegah bahaya itu.  Secara sederhana dapat diringkas menjadi WHERE, WHAT, WHY dan HOW.

Keterangan-keterangan yang jelas dan diperlukan akan membantu nasabah menindaklanjuti rekomendasi dan melaksanakannya.

Apakah perlu menyampaikan rekomendasi secara verbal (bila memungkinkan presentasi dengan foto) setelah survey dalam wrap-up meeting?  Wrap-up meeting diperlukan oleh risk surveyor untuk menyampaikan kesan dan pesan atas lokasi yang telah disurvey.  Kesan positif dapat disampaikan lebih dulu lalu dilanjutkan dengan pesan rekomendasi.  Pesan rekomendasi diurai satu per satu dan harus meliputi WHERE, WHAT, WHY dan HOW untuk masing-masing rekomendasi. 

Dengan semakin baik menyampaikan rekomendasi kepada nasabah, diharapkan nasabah akan dapat melaksanakan rekomendasi sebaik-baiknya pula.

No comments:

Post a Comment